FENOMENA #2019GANTIPRESIDEN

Baju Kaos yang bertuliskan #2019GANTIPRESIDEN

Hai Sobat Techno,

Belakagan ini banyak kita lihat maupun dengar slogan atau imbauan mengenai #2019GANTIPRESIDEN. Yang mana slogan ini menitik beratkan terhadap ketidakpuasan sebagian masyarakat Indonesia pada kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada beberapa ormas ataupun masyarakat sipil yang secara terang-terangan memakai baju ataupun melakukan unjuk rasa dengan membawa spanduk dan baliho yang berisikan slogan tersebut.

Fenomena ini sudah tersebar di seluruh Nusantara, bahkan sudah sampai luar negeri. Banyak juga masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri menggaungkan slogan ini. Dan berita ini sudah sampai pada adu argumen antar elit partai politik di Indonesia.

Seperti yang diberitakan oleh salah satu stasiun televisi swasta Indonesia dalam acara “Mata Najwa”, Adu argumen terjadi di meja Mata Najwa soal kaos bertuliskan #2019GantiPresiden. Partai oposisi menganggap kaos ini bikin panik Presiden Jokowi terlihat dari respon Jokowi atas hastag yang tersebar di media sosial ini.

Tapi reaksi Jokowi ini dibela oleh Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzly. Menurutnya reaksi Jokowi terhadap #2019GantiPresiden tidak serius. Itu sekadar candaan saja.

Masyarakat yang demo menggunakan spanduk bertuliskan #2019GANTIPRESIDEN

Politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu nyeletuk, “Kaosnya sudah muncul, tapi orang (capres)-nya tak muncul-muncul.”

Pengamat politik dari Poltracking Indonesia, Hanta Yudha menikai perang retorika jelang Pilpres sah-sah saja, termasuk kampanye #2019GantiPresiden vs #OgahGantiPresiden2019. Sebab saat ini memang waktunya untuk memperebutkan suara dari masyarakat.

Menurut sobat netizen apakah ini bentuk sebuah makar atau tidak?

 

https://www.narasi.tv/mata-najwa/329/siasat-berebut-istana