Apakah Kaca Film Pada Mobil Bisa Membuat Sinyal Handphone Hilang?

Persentasi Kecerahan Kaca Film Pada Mobil

Hai Sobat Techno,

Kaca film pada adalah sebuah pelengkap pada mobil. Dengan tujuan pemasangannya adalah untuk melindungi pengemudi maupun penumpang lain dari paparan sorotan sinar matahari secara langsung. Namun, semakin canggih nya teknologi pada pembuatan kaca film justru menimbulkan keluhan pada penggunanya.

Penggunaan material metal pada kaca film tersebut banyak menimbulkan persepsi bahwa kaca film yang mengandung metal dapat menyebabkan sinyal pada handphone hilang. Lianto Winata V selaku Bussiness Development Director PT. V-Kool Indo Lestari menjelaskan, bahwa hilangnya sinyal handphone di dalam mobil bukan di dasarkan pada metal yang ada pada kaca film yang digunakan mobil.

“Kaca film kita, memang menggunakan metal tapi tidak mempengaruhi sinyal handphone. Mobil tidak seperti kaleng, dan sinyal handpone yang masuk ke dalam mobil bisa dari mana saja. Termasuk dari celah-celah mobl,” jelasnya saat berbincang dengan wartawan di Hotel Gran Mahakam.

Kaca film pada mobil terbukti tidak halangi sinyal handphone masuk ke kabin mobil

Lianto juga menambahkan, material mobil memang tidak hanya dari metal saja. Tapi ada yang dari plastik atau karet. Jadi, pasti ada celah untuk sinyal handphone tetap masuk ke dalam kabin mobil. “Sinyal handphone juga tidak sekuno itu, misalkan celah untuk masuk sinyal sedikit maka sinyal yang masuk juga sedikit. Kalau sudah ada celah untuk masuk, ya sama saja jumlah nya. Mempengaruhi, tapi bukan hilang sepenuhnya,” pungkasnya.

Jadi faktanya kaca film pada mobil tidak menghalangi sinyal handphone untuk masuk kedalam kabin mobil. Jadi jangan ada lagi asumsi bahwa kaca film yang mengandung metal dapat menghalangi sinyal handphone.

Sumber : Dari berbagai sumber